Memahami algoritma instagram supaya akun bisnis/brand kamu berkembang

Day 4

Topic

Memahami algoritma instagram supaya akun bisnis/brand kamu berkembang

Selamat Bergabung di Kelas hari Keempat : 30 hari sukses jualan di Instagram

Setelah tiga hari sebelumnya kita membahas tentang Langkah awal sukses jualan di Instagram bagaimana cara membuat posting di Instagram yang berdaya marketing tinggi dan Manfaat menggunakan 12 tipe Instagram hashtag untuk bisnis/brand kita

Kini saatnya kita membahas mengenai algoritma Instagram supaya kita bisa mensiasati nya, agar akun bisnis/brand kita berkembang.

[ultimate_spacer height=”35″][ultimate_heading main_heading=”30 hari sukses jualan di Instagram” heading_tag=”h3″ spacer=”line_only” spacer_position=”middle” line_height=”1″]Praktek-kan langkah langkah di dalam materi kursus ini pada hari kesebelas hingga hari keduapuluh anda di Instagram[/ultimate_heading][ultimate_spacer height=”35″]

Algoritma Instagram adalah formula atau bisa dikatakan rumus yang dipakai oleh Instagram untuk mengatur lalu lintas post yang dilihat oleh user mereka di dalam app.

Apa yang anda lihat hari ini di bagian home feed atau bagian explore sudah diatur porsi nya oleh algoritma Instagram.

satu hal yang selalu bisa dijadikan pedoman adalah Instagram ingin membuat para pengguna nya mendapatkan pengalaman yang menyenangkan di dalam app.

Dan pengalaman yang menyenangkan berarti:

  • lebih lama di dalam app
  • membuat interaksi ketika berada di dalam app termasuk menonton video lebih lama, menyumbang komentar, memberi likes, share atau saved post.

Oleh karena itu adalah tugas kita juga untuk membuat para pengguna Instagram lainnya yang masuk dalam target market kita, agar merasa betah di dalam app.

ini adalah dasar algoritma Instagram yang perlu kita pegang.

3 Kategori Algoritma Instagram yang kamu perlu tahu

Algoritma Instagram yang saya kenal terbagi menjadi 3 kategori:

[info_list style=”circle with_bg” icon_bg_color=”#efefef” font_size_icon=”18″][info_list_item list_icon=”Defaults-check”]

Algoritma berdasarkan kesukaan (interest)[/info_list_item][info_list_item list_icon=”Defaults-check”]

Algoritma berdasarkan chronological post[/info_list_item][info_list_item list_icon=”Defaults-check”]

Algoritma berdasarkan hubungan (relasi)[/info_list_item][/info_list][ultimate_spacer height=”45″]

Algoritma berdasarkan kesukaan (interest)

artinya Instagram akan menayangkan post yang relevan dengan post yang anda lihat sebelumnya. Karena Instagram menganggap bahwa post post yang anda lihat sebelumnya adalah post yang berisi kesukaan anda (interest anda).

misalkan anda suka melihat post – post yang bertema otomotif, maka post – post bertema otomotif lah yang bakal bersliweran di bagian home dan explore Instagram anda.

Bagian home anda akan berisi post post dari akun yang anda follow sebelumnya, kemudian bagian explore anda akan berisi post post lain yang relevan dengan kesukaan anda (interest anda) di luar akun akun yang pernah anda lihat sebelumnya atau ajak berinteraksi sebelumnya. bentuk interaksi yang saya maksud bisa komen, like, saved, lihat video, follow, dll.

Manfaat nya informasi ini buat bisnis saya apa?

bila akun kamu menampilkan post berdasarkan post yang relevan dengan post yang anda lihat sebelumnya, maka hal tersebut berlaku juga di Instagram target market anda.

anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat konten yang menarik menurut target market anda. agar anda bisa menarik mereka untuk melirik akun bisnis/brand anda.

cara nya?

temukan target market anda melalui post post Instagram yang menurut kamu bakal dikunjungi oleh target market anda, bila sudah ketemu, lihat post post Instagram tersebut, perhatikan karakteristik dari post tersebut, kemudian buat post yang lebih menarik daripada itu.

jangan lupa juga untuk ikut berinteraksi dengan akun akun dari target market kamu agar Instagram melihat hubungan (relasi) yang kamu bangun dengan target market kamu!

masih bingung kenapa? sabar nanti saya jelaskan di poin nomor 3 Algortima berdasarkan hubungan (relasi)

Algoritma berdasarkan chronological post

Algoritma berdasarkan chronological post

artinya Instagram akan menayangkan post yang terbaru berdasar kan topik yang relevan kepada para pengguna nya.

Jadi misalkan bisnis A dan bisnis B mempunyai target market yang sama, target market yang saya beri nama kelompok AB. Nah bila bisnis A dan bisnis B mempunyai peringkat yang sama dalam artian kesempatan yang sama untuk berinteraksi dengan kelompok AB. maka Instagram akan melihat post yang paling baru (terbaru) dari bisnis A atau bisnis B, dimana post yang paling baru tersebut yang akan dibagikan kepada kelompok AB terlebih dahulu.

Manfaat nya informasi ini buat bisnis saya apa?

apakah dengan ada nya informasi ini kita harus posting terus setiap saat setiap menit?

Tidak. posting terus setiap saat setiap menit bukanlah solusi nya. posting lah pada waktu yang tepat adalah solusi nya!

waktu yang tepat itu kapan? Jam berapa? setiap akun bisnis/brand mempunyai jawaban yang berbeda beda untuk hal ini. yang jelas waktu dimana para follower anda online adalah kunci nya.

Caranya?

pada saat ini follower anda harusnya adalah target market anda, karena kalo follower anda bukan target market anda maka cara ini akan menjadi percuma.

bila akun Instagram anda adalah akun bisnis atau akun kreator maka anda akan mendapati opsi insights ketika memasuki opsi setting (3 garis lurus ke bawah di pojok kanan atas dari Instagram app anda)

nah dari opsi insights tersebut anda bisa memilih tab audience yang paling kiri, scroll terus ke bawah anda akan melihat hari dan jam dimana follower anda aktif online.

dari sini kita bisa menentukan kapan waktu yang terbaik untuk post.

image host

Algoritma berdasarkan hubungan (relasi)

Algoritma berdasarkan Hubungan (relasi)

artinya Instagram akan menayangkan post berdasarkan hubungan (relasi) yang sudah kamu bangun sebelumnya.

Jadi misalkan (sebut saja si Amir) suka mengomentari post, saling bertukar DM dengan (sebut saja si Ani) daripada dengan (sebut saja si Anto).

Maka Instagram akan mem-prioritaskan post dari si Ani daripada post dari si Anto untuk muncul di home feed si Amir. hal ini karena Instagram melihat bahwa si Amir dan Si Ani mempunyai hubungan yang lebih spesial daripada dengan si Anto. sekali lagi Instagram melihat hal ini berdasarkan kebiasaan (behaviour) dari si Amir dan si Ani

Manfaatnya informasi ini untuk bisnis saya apa?

Ya, sudah tau kalau Instagram bakal memprioritas kan postingan kamu buat tampil kalo kamu punya hubungan yang spesial dengan si dia. ya bangun relasi dong dengan si dia.

siapa si dia itu? ya target market dari bisnis/brand kamu masing masing.

Caranya?

Bagaimana caranya membangun relasi dengan target market anda ada banyak caranya, bisa dengan mengkomen post mereka, mengajak mereka untuk ikut berpartisipasi dalam event yang kita adakan. akan saya bahas contoh contoh nya di artikel yang berbeda

[porto_block id=”7457″][ultimate_spacer height=”45″]

Materi hari keempat mengenai pemahaman Algoritma Instagram dan memanfaatkan nya untuk mengembangkan bisnis/brand anda di Instagram sudah selesai. Jangan lupa masih ada materi hari kelima yang akan membahas tentang kolaborasi di Instagram untuk meningkatkan audience dari akun Instagram anda.

PR

praktek-kan ketiga cara mensiasati Algoritma Instagram di atas untuk mengembangkan bisnis/brand anda di Instagram

[ultimate_spacer height=”45″]

Untitled-1 Aga,Former CEO of OmahPohon ecommerce sites, owner of Langit23 Digital Marketing Agency. eager at social media analytic and its application to bussiness and brands,advertisement addict,and Internet marketer,plus digital design enthusiast.

Kalo suka,share artikel ini ke teman-teman Ya,Terima Kasih:
Komen dengan Facebook kamu