Manfaat menggunakan 12 tipe Instagram hashtag untuk bisnis/brand anda-part 2

Still

Day 3

Topic

Manfaat menggunakan 11 tipe Instagram hashtag untuk bisnis/brand anda - Part 2

Selamat Bergabung di Lanjutan Kelas hari Ketiga : 30 hari sukses jualan di Instagram

Setelah dua hari sebelumnya kita membahas tentang Langkah awal sukses jualan di Instagram dan bagaimana cara membuat posting di Instagram yang berdaya marketing tinggi

Hari ini kita akan membahas Instagram hashtag dan artikel kali ini adalah lanjutan dari artikel sebelum nya Manfaat menggunakan 11 tipe Instagram hashtag untuk bisnis/brand anda – Part 1 

[ultimate_spacer height=”35″][ultimate_heading main_heading=”30 hari sukses jualan di Instagram” heading_tag=”h3″ spacer=”line_only” spacer_position=”middle” line_height=”1″]Praktek-kan langkah langkah di dalam materi kursus ini pada hari ketujuh hingga hari kesepuluh anda di Instagram[/ultimate_heading][ultimate_spacer height=”45″]
6. Instagram hashtag berdasarkan komunitas

Instagram hashtag berdasarkan komunitas adalah salah satu lahan basah (subur) bagi kita untuk mencari target market kita. Namun perlu diingat sebelum mencari target market kita, kita perlu mendeskripsikan terlebih dahulu secara spesifik target market kita seperti apa, seperti yang sudah saya bahas di materi kursus hari kedua

Setelah kita menentukan target market kita, sekarang waktu nya riset mereka ini biasa pada ngumpul dimana?

contoh-nya bila anda adalah pemilik bisnis kuliner maka anda harus mencari hastag komunitas penikmat kuliner baik itu yang bervolume besar (nasional/internasional) hingga yang bervolume kecil (lokal/sekitar daerah bisnis anda berada)

contoh lain adalah Langit23 sebagai Digital Marketing Agency yang men-spesialisasi kan diri dalam wadah seputar online marketing telah lama membantu para entrepreneur / wirausahawan / pelaku UKM / hingga corporate, dan orang orang dengan kriteria seperti inilah yang menjadi klien kami, maka hashtag berdasarkan komunitas yang menjadi target kami salah satu nya adalah #tangandiatas : dimana di dalam hashtag ini berkumpul orang orang dengan kriteria seperti berikut, karena #tangandiatas memang wadah komunitas tempat berkumpulnya para wirausahawan / entrepreneur / dan pelaku UKM Indonesia.

image host

Manfaat dari Instagram hashtag berdasarkan komunitas adalah

Jika anda sudah berhasil menemukan Instagram hashtag dari komunitas target market anda, maka anda bisa mengambil manfaatnya.

Apa itu manfaat-nya? apa manfaat dari menemukan Instagram hashtag berdasarkan komunitas target market kita berasal?

Kita bisa Mengajak mereka (yaitu orang orang yang memakai hashtag tersebut) untuk berinteraksi atau juga anda bisa kepoin postingan mereka atau bahkan di follow aja sekalian.

tujuan nya apa? agar mereka pada akhirnya nanti bisa mendapatkan postingan yang anda buat di home feed Instagram mereka

emang iya bisa begitu?

bisa dong, ini yang nama nya salah satu algoritma Instagram. akan saya bahas di artikel saya selanjutnya

[porto_block id=”7457″][ultimate_spacer height=”15″]

anda dapat mencari hashtag berdasar komunitas ini di Instagram, namun bila tidak menemukan nya anda bisa memakai bantuan platform lainnya seperti Facebook group atau google untuk mencari komunitas nya, setelah menemukan komunitas nya biasa nya akan lebih mudah menemukan hashtag nya

Cara menggunakan Instagram hashtag berdasarkan komunitas adalah

Saya rasa tidak perlu menggunakan Instagram hashtag dari komunitas lain kecuali kalo anda adalah bagian dari komunitas tersebut. namun bila bisnis anda sudah berkembang dan memiliki pengikut yang cukup banyak maka anda pun perlu menciptakan Instagram hashtag tersendiri untuk komunitas anda.

7. Instagram hashtag berdasarkan lokasi

yang memakai Instagram hashtag berdasarkan lokasi berkriteria sebagai berikut:

  • orang yang baru saja mengunjungi tempat terkenal di area tersebut, atau setidak nya tempat di area tersebut yang berkesan bagi dia (bisa tempat kuliner, bisa tempat wisata).
  • pelaku bisnis di area tersebut
  • yang menjual properti di area tersebut
  • individu atau pelaku usaha yang mengadakan event di sekitaran area tersebut

Manfaat dari Instagram hashtag berdasarkan lokasi adalah

Bila salah satu dari kriteria di atas pemakai Instagram hashtag berdasarkan lokasi tadi cocok dengan kriteria target market anda, maka anda bisa menemukan target market anda di dalam hashtag berdasarkan lokasi tersebut.

Kita bisa Mengajak mereka (yaitu orang orang yang memakai hashtag tersebut) untuk berinteraksi atau juga anda bisa kepoin postingan mereka atau bahkan di follow aja sekalian.

Baca Juga  Manfaatkan Pin Post

tujuan nya apa? agar mereka pada akhirnya nanti bisa mendapatkan postingan yang anda buat di home feed Instagram mereka

notes: namun berdasarkan analisa saya orang orang lebih banyak memakai fasilitas location di Instagram daripada hashtag bila mereka ingin menunjukkan absensi mereka di tempat tersebut 

image host

[ultimate_spacer height=”35″]

Cara menggunakan Instagram hashtag berdasarkan lokasi adalah

bila anda merasa penting untuk target market anda ikut mengetahui lokasi bisnis anda, maka anda bisa ikut meletakkan location hashtag di postingan anda.

Jangan lupa riset terlebih dulu kemudian gunakan location hashtag yang sudah ramai digunakan orang.

8. Instagram hashtag berdasarkan event

yang memakai Instagram hashtag berdasarkan event adalah penyelenggara dan peserta event tersebut

Manfaat dari Instagram hashtag berdasarkan event adalah

Bila salah satu dari kriteria di atas pemakai Instagram hashtag berdasarkan event tadi cocok dengan kriteria target market anda, maka anda bisa menemukan target market anda di dalam hashtag berdasarkan event tersebut dan anda bisa mengambil manfaat yang sama seperti Location hashtag.

Anda juga bisa memanfaatkan event event hashtag dari brand brand ternama yang berada di industry yang sama dengan anda untuk menemukan target market anda.

Cara menggunakan Instagram hashtag berdasarkan event adalah

kecuali anda adalah penyelenggara event tidak perlu menggunakan event hashtag, anda cukup ambil manfaat nya saja

9. Instagram hashtag berdasarkan trending

Untuk memakai Instagram hashtag berdasarkan trending tentunya kita perlu tahu terlebih dahulu hashtag apa yang sedang trending di Instagram.

tidak perlu bingung mencari topik apa yang sedang trending di Instagram, coba cari lewat platform lain, kebanyakan yang sedang trending di luar sana, juga sedang trending di Instagram.

Setelah kita menemukan hashtag yang sedang trending tersebut, kita bisa menunggangi kepopuleran hashtag tersebut untuk postingan Instagram kita. Ingat! jangan malas untuk membuatnya se relevan mungkin dengan post kamu ya.

Maksudnya apa? ya karena ini adalah hashtag yg sedang trending, kemungkinan besar kan tidak relevan dengan produk/bisnis kamu kan?

jadi maksud saya jangan asal post produk kamu dan memakai hashtag ini di caption, tunjukkan relevansi nya dengan produk/bisnis kamu, kalau tidak ada relevansi nya? buat jadi ada!

Manfaat dari menggunakan Instagram hashtag berdasarkan trending adalah

karena trending hashtag banyak dipakai orang, maka ketika anda memakainya (karena sedang trending), kemungkinan postingan kamu jadi banyak yang lihat, sehingga jumlah likes juga bisa besar. Tapi ingat walaupun yang sedang trending mungkin tidak ada relevansi nya dengan produk/bisnis kamu, kamu tetap bisa membuatnya se-relevan mungkin. 

Cara menggunakan Instagram hashtag berdasarkan trending adalah

cari kejadian yang sedang trending, cari hashtag nya, buat post dan buat se-relevan mungkin dengan hashtag yang akan anda gunakan

image host

Seperti contoh diatas adalah sebuah postingan dari @websitebos yang menunggangi kepopuleran salah satu hashtag yang sedang ramai dipakai orang saat ini mengenai #socialdistancing (maret 2020)

10. Instagram hashtag berdasarkan brand kamu

Buat juga Instagram hashtag berdasarkan nama brand kamu, kemudian sisipkan hashtag brand kamu dengan hashtag berdasarkan niche kamu, ini membuat kesan yang kuat akan brand kamu di mata target market kamu

Manfaat dari menggunakan Instagram hashtag berdasarkan brand kita adalah

Menggunakan hashtag brand kita akan membuat kesan yang kuat di mata target market kita. selain itu mereka yang membeli produk kita juga bisa pamer di Instagram memakai Instagram brand kita, ini adalah salah satu trik marketing yang sangat efektif.

Bila para pembeli anda belum memakai hashtag brand anda, anda bisa mendorong mereka untuk menggunakan nya.

Cara menggunakan Instagram hashtag berdasarkan brand kita adalah

hashtag #namabrand anda

11. Instagram hashtag berdasarkan kategori produk kamu

Manfaat dari menggunakan Instagram hashtag berdasarkan kategori produk kita adalah

Membantu target market kita untuk membeli produk yang cocok dari kita sesuai dengan kebutuhan mereka.

Contoh Langit23 adalah sebuah digital marketing agency yang melayani berbagai macam service yang sesuai dengan kebutuhan para pemilik bisnis, maka Langit23 membuat category hashtag seperti berikut:

#onlinemarketinglangit23

#websitelangit23

#desainlangit23

#emailmarketinglangit23

Cara menggunakan Instagram hashtag berdasarkan kategori produk kita adalah

tentukan terlebih dahulu kategori kategori dari produk yang anda jual, yang paling mudah untuk dicerna oleh target market kita. jika sudah anda bisa membuat hashtag nya.

[ultimate_spacer height=”45″]
12. Instagram hashtag berdasarkan cross selling kategori dari bisnis anda

Pikirkan produk apa yang masuk dalam kategori yang sama dengan produk yang kamu jual. Misalkan bila kamu menjual handuk dan jubah mandi, maka produk yang masuk dalam kategori yang sama dalam produk yang kamu jual adalah sabun mandi, keset, interior kamar mandi, shampoo,dll.

Temukan produk – produk ini, produk – produk yang masuk dalam kategori yang sama dengan produk yang kamu jual.

Setelah kamu menemukan produk – produk ini, kemudian cari hashtag dari produk – produk ini dan gunakan di dalam post kalian. Perlu dicatat bahwa dalam menggunakan hashtag – hashtag ini buatlah konten yang relevan juga. Karena bila tidak, orang yang mampir ke IG anda karena hashtag cross selling kategori yang anda gunakan akan memandang post anda sebagai post spam.

Manfaat dari Instagram hashtag berdasarkan cross selling kategori dari bisnis kita

Orang – orang yang berada di dalam hashtag tersebut bisa jadi membutuhkan produk kita, maka dengan kita memakai hashtag cross selling kategori, kita menambah peluang baru datangnya customer ke bisnis kita.

Cara menggunakan Instagram hashtag berdasarkan cross selling kategori dari bisnis kita

Riset terlebih dahulu, kira kira produk apa yang sejenis dan Masuk dalam kategori yang sama denga produk yang kita jual.

Setelah kita menemukan-nya, bisa kita cari hashtag nya apa dan kemudian kita bisa pakai hashtag tersebut di postingan kita. Ingat buat postingan yang Masih relevan dengan hashtag yang kamu pakai yah.

image host

Contoh Instagram hashtag berdasarkan cross selling kategori dari bisnis kita adalah Seperti post yang di terbitkan oleh IG @webyangbaik yang Membahas mengenai foto/gambar yang digunakan dalam post Instagram.

IG @webyangbaik sendiri adalah akun Instagram dari Langit23 – Digital marketing agency yang sebetulnya tidak menawarkan Jasa foto produk, namun di dalam post ini webyangbaik Membahas mengenai foto/gambar yang digunakan di dalam post Instagram oleh berbagai macam akun bisnis di Instagram, ada yang mem-posting foto produk saja, namun ada juga yang memakai caption, dan di dalam post ini webyangbaik Membahas keuntungan dan kerugian nya, mereka pun memakai hashtag seputar #fotoproduksurabaya #fotoprodukolshop #fotoprodukindonesia #fotoprodukhijab #fotoproduksurabayamurah

Bisa dapat gambaran, Bagaimana cara menggunakan-nya?

[ultimate_spacer height=”85″]

Materi hari ketiga mengenai Instagram hashtag dan manfaatnya sudah selesai, bila ada yang ditanyakan silahkan komen di bawah. Jangan lupa masih ada Materi hari keempat dari Kursus: 30 Hari Sukses Jualan di Instagram yang akan membahas tentang pemahaman algoritma Instagram dan pemanfaatan-nya untuk mengembangkan bisnis/brand anda di Instagram

PR

tentukan terlebih dahulu hashtag yang ingin anda gunakan dari kesebelas macam hashtag tersebut, tulis di notes, kemudian jangan lupa untuk melirik notes tersebut setiap kali anda membuat konten di Instagram

[ultimate_spacer height=”45″]

Untitled-1 Aga,Former CEO of OmahPohon ecommerce sites, owner of Langit23 Digital Marketing Agency. eager at social media analytic and its application to bussiness and brands,advertisement addict,and Internet marketer,plus digital design enthusiast.

Kalo suka,share artikel ini ke teman-teman Ya,Terima Kasih:
Komen dengan Facebook kamu