Manfaat menggunakan 12 tipe Instagram hashtag untuk bisnis/brand anda

Day 3

Topic

Manfaat menggunakan 11 tipe Instagram hashtag untuk bisnis/brand anda

Selamat Bergabung di Kelas hari Ketiga : 30 hari sukses jualan di Instagram

Setelah dua hari sebelumnya kita membahas tentang Langkah awal sukses jualan di Instagram dan bagaimana cara membuat posting di Instagram yang berdaya marketing tinggi

Kini saatnya kita membahas mengenai Instagram Hashtag.

Sebelumnya saya ingin tahu dua hal mengenai hashtag dan relasi nya dengan bisnis anda?

Ketika anda berada di Instagram apakah anda sering memakai hashtag?  dan apa manfaat hashtag bagi akun Instagram bisnis anda?

tulis di komen ya.

Sesuai judul, di kelas hari ini kita akan belajar mengenai manfaat dari menggunakan 11 tipe Instagram hashtag untuk bisnis/brand kita.

[ultimate_heading main_heading=”30 hari sukses jualan di Instagram” heading_tag=”h3″ spacer=”line_only” spacer_position=”middle” line_height=”1″]Praktek-kan langkah langkah di dalam materi kursus ini pada hari ketujuh hingga hari kesepuluh anda di Instagram[/ultimate_heading]

Kalo anda seperti saya yang memakai Instagram untuk bisnis atau untuk membangun brand, ada dua hal utama yang harus anda kerjakan yaitu menjual dan mencari pembeli, betul kan?

dua hal utama tersebut bisa kita lakukan menggunakan Instagram hashtag.

Saya akan menjelaskan apa saja 11 tipe Instagram hashtag, apa manfaatnya dan bagaimana cara memakai nya untuk bisnis/brand kita di Instagram.

Oh ya, sebelum itu sekedar info singkat bahwa kita bisa memakai Instagram hashtag di caption post (maks. 30 hashtag), di Instagram story (maks 3 hashtag) dan di Instagram TV (maks. 30 hashtag)

1. Instagram hashtag ber-volume besar

ketika kita ingin mencari hashtag tertentu di Instagram, kita akan menuju kolom pencarian (search) di Instagram dan mulai mengetik hashtag yang ingin kita cari, kemudian seketika Instagram akan memunculkan hasil pencarian dari hashtag yang kita cari dan mengurutkan nya mulai yang terbesar volume nya hingga yang terkecil volume nya.

misalkan saya ingin mencari hashtag #kelasonline, maka Instagram akan memunculkan hasil pencarian nya yaitu #kelasonline dan hashtag lainnya yang masih relevan dengan #kelasonline dan mengurutkan nya mulai yang terbesar volume nya hingga yang terkecil volume nya.

Manfaat dari menggunakan Instagram hashtag ber-volume besar adalah

Hashtag bervolume besar manfaatnya karena banyak yang pakai, banyak mata yang melihat, otomatis yang lihat post kamu bakal lebih banyak, kalau post kamu bisa bersaing dengan puluhan, ratusan ribu, jutaan post lainnya dan tampil di peringkat awal hasil pencarian hashtag tersebut (top post dan recent post)

Cara menggunakan Instagram hashtag ber-volume besar adalah

Cari Instagram hashtag yang relevan dengan postingan atau akun anda di kolom pencarian Instagram, temukan yang ber volume besar kemudian pasang hashtag tersebut di caption anda.

Ada panduan-nya untuk mencari instagram hashtag ber-volume besar yang sesuai dengan bisnis/brand anda! baca terus akan saya jelaskan di bawah.

2. Instagram hashtag ber-volume kecil

Menemukan Instagram hashtag ber-volume kecil agak gampang gampang susah ya, tapi yang jelas biasa nya makin spesifik hashtag yang kita cari biasa nya volume nya makin kecil.

misalkan saya menemukan hashtag #kelasonline yang bervolume besar dan hashtag #kelasonlinegratis yang volume -nya jauh lebih kecil

image host

Manfaat dari menggunakan Instagram hashtag ber-volume kecil adalah

Hashtag bervolume kecil tidak terlalu besar manfaatnya atau bisa kita sebut kerugian nya kalau mau, kerugian nya tidak banyak mata yang melihat, jadi otomatis jumlah yang bakal lihat post kamu bakal lebih sedikit, kalau dibandingkan dengan hashtag bervolume besar, tapi karena hashtag bervolume kecil biasa nya hashtag yang sangat spesifik mengenai post yang kamu tayangkan, maka walau kecil jumlah mata yang melihat, tapi besar kemungkinan orang yang jumlahnya sedikit ini bisa menjadi follower kamu atau bahkan customer kamu dari Instagram (kalau kamu menembak target market yang tepat ya)

note: saya sudah membahas mengenai target market di kelas hari kedua mengenai Tips mantul posting di Instagram yang…(link di bawah ini)

Baca Juga  Tips mantul posting di Instagram yang kamu harus tahu

Instagram hashtag bervolume kecil dapat membantu target market anda menemukan anda. karena banyak buyer di Instagram yang mencari produk yang mereka inginkan menggunakan hashtag yang spesifik, hashtag yang bervolume kecil biasa nya.

contoh saya ingin mencari produk menggunakan hashtag #kaospolos tapi saya ingin membeli melalui seller yang ada di sekitar lokasi saya saja, karena saya tidak mau membayar ongkir yang terlalu mahal, maka saya akan menggunakan hashtag #kaospolossurabaya atau bahkan lebih spesifik lagi #kaospolossurabayautara. sudah pasti hashtag #kaospolossurabaya atau #kaospolossurabayautara volumenya lebih kecil daripada #kaospolos.

Cara menggunakan Instagram hashtag ber-volume kecil adalah

Cara menggunakan Instagram hashtag ber-volume kecil kurang lebih sama ya, seperti cara di atas, umumnya hashtag yang lebih spesifik memiliki volume yang lebih kecil.

Pertanyaan nya: Lebih baik memakai Instagram hashtag yang besar volume nya atau yang kecil volume nya?

Saya sarankan untuk memakai kedua dua-nya, dengan cara meng-kombinasikan penggunaan hashtag anda dengan hashtag bervolume besar dan hashtag bervolume kecil.

kenapa? karena masing masing mempunyai manfaat nya sendiri sendiri, seperti yang sudah saya sebutkan diatas

Sebagai contoh nya bila saya ingin mempromosikan online course saya ini, saya akan menggunakan kombinasi hashtag sebagai berikut:

#onlineclass (114K post)

#kelasonline (56K post)

#kelasonlineinstagram (1000+ post)

#kelasonlinegratis (500+ post)

Baik sudah paham ya, kita lanjutkan ke tipe ketiga Instagram hashtag.

3. Instagram hashtag berdasarkan industry bisnis anda

Jika bisnis anda adalah bakery atau coffee shop maka Industry makanan lah bisnis anda berada. Maka Instagram hashtag berdasarkan Industry bisnis anda adalah #makanan (3.5M post)dan #food (376M post).

Kalau bisnis anda adalah berjualan baju, tas, atau sepatu maka Industry fashion lah bisnis anda berada. Maka Instagram hashtag berdasarkan Industry bisnis anda adalah #fashion (780M post) #baju (22.9M post) #sepatu (20.3M post) #tas (25.2M post).

ya hashtag berdasarkan industry biasanya memang hashtag yang ber-volume besar, super super besar malahan.

Manfaat nya apa menggunakan Instagram hashtag berdasarkan industry bisnis kita?

karena ini adalah Instagram hashtag yang ber-volume besar maka kita akan mudah mendapatkan likes, karena setiap saat jutaan orang memantau hashtag tersebut dan memberikan likes terhadap postingan postingan yang ada di dalam nya.

Banyak orang yang ingin mencari produk tertentu namun tidak tahu harus mengetik apa di instagram, karena mereka tidak tahu brand (merk) apa yang menjual produk yang mereka cari, sehingga biasa nya mereka akan mengetik hashtag yang umum, hashtag berdasarkan industry.

Misalkan saya sedang ingin membeli sepatu kulit, namun saya kan belum tahu brand apa yang bagus kualitas sepatu kulitnya, maka hashtag yang saya tuju tentunya adalah #sepatukulit, dari hashtag tersebut saya menjumpai beberapa local brand atau pelaku usaha yang menjual sepatu kulit yang saya inginkan.

image host

Cara menggunakan Instagram hashtag berdasarkan industry bisnis anda adalah

dengan menemukan terlebih dahulu letak industry bisnis anda berada melalui kolom pencarian di Instagram, kemudian bisa kita pakai di caption Instagram kita. jangan lupa sertakan juga hashtag dari brand anda sendiri, sehingga mereka yang menemukan bisnis anda melalui Industry hashtag bakal mengenal brand anda melalui brand hashtag yang anda sertakan (pembahasan mengenai brand hashtag ada di poin nomor 10)

4. Instagram hashtag berdasarkan niche bisnis anda

niche berarti lebih spesifik daripada industry bisnis anda. niche berarti area tertentu dalam industry bisnis anda yang anda kuasai, bisa berupa produk atau skill. Jadi misalkan anda menjual produk sepatu kulit, maka industry bisnis anda adalah fashion sedangkan niche bisnis anda adalah sepatu kulit.

Namun jika anda menjual berbagai macam jenis sepatu, anak, dewasa, bahan kulit, bahan kain, dan berbagai macam bahan lainnya. maka niche bisnis anda adalah sepatu.

niche bisa spesifik bisa tidak namun lebih spesifik lebih bagus.

Manfaat dari menggunakan Instagram hashtag berdasarkan niche bisnis anda adalah

bila anda menggabungkan Instagram hashtag dari niche bisnis anda dengan Instagram hashtag industry, target market anda bakal mengetahui keahlian/spesialisasi/keunggulan dari bisnis/brand anda dibandingkan bisnis/brand lain-nya.

image host

IG @bespoke.project yang menjual produk celana jeans anti main stream selalu menambahkan hashtag #cleanjeansareboring di setiap caption mereka. Ini adalah contoh Instagram hashtag niche yang sekaligus menjadi Instagram hashtag brand mereka. hashtag #cleanjeansareboring menegas kan keunggulan mereka yang tidak menjual celana jeans polos seperti kebanyakan bisnis/brand lain-nya.

Cara menggunakan Instagram hashtag berdasarkan niche bisnis anda adalah

dengan menemukan spesifik area yang paling anda kuasai di dalam industry bisnis anda (niche anda), kemudian temukan hashtag nya dan pakai dalam caption Instagram post anda.

5. Branded Instagram hashtag

Perusahaan perusahaan bermerk (branded) dari bisnis yang sejenis dengan bisnis/brand anda adalah yang dimaksud dari Branded Instagram hashtag.

misalkan bisnis anda ada di industry fashion dan menjual celana jeans, maka Branded Instagram hashtag yang bisa anda pakai adalah #levisjeans #levis501second #wranglerjeans

gilak ahh ngapain juga pake hashtag orang lain? 

semua hashtag aslinya kan bukan punya siapa siapa? tidak ada hukum yang mengatur kalo kita tidak boleh memakai hashtag kepunyaan brand lainnya. lagian manfaatnya kan lumayan

Manfaat dari menggunakan Instagram hashtag berdasarkan brand sejenis dengan bisnis anda adalah

bila anda menggunakan Instagram hashtag dari brand terkenal yang sejenis dengan bisnis anda adalah anda membuka kemungkinan datangnya pembeli dari hashtag ini.

misalkan nih saya ingin membeli celana jeans levis tapi masih gak rela sama harga nya, nah dengan saya menemukan produk lain dari hashtag #levisjeans yang mungkin produk nya serupa dengan harga lebih murah, saya bakal beli disitu. analogi nya seperti itu.

jadi pede aja pakai branded Instagram hashtag dari merk lain, toh banyak juga yang mempraktekkan strategi ini.

Jika anda tidak mau postingan anda misleading (memberi petunjuk yang salah) buat orang lain, anda bisa mengetik ” bukan #levisjeans “

image host

[ultimate_spacer height=”45″]

coba cari Branded Instagram hashtag yang sejenis dengan bisnis / brand anda, anda akan temui beberapa bisnis / brand lain-nya yang memakai trik ini.

Cara menggunakan Instagram hashtag berdasarkan brand sejenis dengan bisnis anda adalah

cari dan tentukan terlebih dahulu brand terkenal yang sejenis dengan brand atau produk yang anda jual, cek volume nya apakah cukup besar, kemudian pakai di caption Instagram anda.

[ultimate_spacer height=”20″][porto_block id=”7457″]
[ultimate_spacer height=”65″]

Karena tulisan saya disini sudah cukup panjang, maka akan saya lanjutkan ke part 2 (halaman kedua yang akan membahas tipe keenam hingga keduabelas dari Instagram hashtag dan manfaatnya bagi bisnis/brand anda)

PR

Gunakan 3 hari kedepan untuk meriset hashtags dan menyematkan kesebelas hashtag di dalam postingan anda.

Untitled-1Aga,Former CEO of OmahPohon ecommerce sites, owner of Langit23 Digital Marketing Agency. eager at social media analytic and its application to bussiness and brands,advertisement addict,and Internet marketer,plus digital design enthusiast.

Kalo suka,share artikel ini ke teman-teman Ya,Terima Kasih:
Komen dengan Facebook kamu