Musim Liburan Tiba,Siapkan Amunisi Anda

Penghujung tahun di depan mata, Musim Liburan segera tiba. Apakah anggaran belanja anda mendadak meningkat pada musim liburan?

Menurut survei yang dilakukan oleh GROUPON, Orang Indonesia termasuk konsumen pembelanja tertinggi di Asia Pasifik,khusus nya dalam hal pembelanjaan online. sumber

Nah, bagi anda penggiat bisnis online, fenomena ini dapat anda jadikan peluang untuk menambah omset bisnis online anda.

Menurut pengalaman saya, sebagai seorang yang juga menjalankan bisnis online. Omset anda bisa bertambah dua kali lipat atau menurun dua kali lipat pada musim liburan.

Kenapa bisa begitu?

Bertambah atau menurunnya omset anda pada musim liburan sangat bergantung kepada “amunisi” yang telah anda siapkan. “Amunisi” yang saya maksud disini berikutnya saya jabarkan,sbb :

Tips dan Trik = amunisi untuk Menambah Omset bisnis online anda menjelang liburan :

[info_list style=”circle with_bg” font_size_icon=”14″ connector_animation=”fadeInUp”][info_list_item list_title=”1. Siapkan Strategi Promosi” list_icon=”Defaults-check”]
[/info_list_item][info_list_item list_title=”2. Sebar Undangan terlebih dahulu” list_icon=”Defaults-check”]
[/info_list_item][info_list_item list_title=”3. Pastikan Stock “aman”” list_icon=”Defaults-check”]
[/info_list_item][info_list_item list_title=”4. Perluas area dan budget marketing (pemasaran)” list_icon=”Defaults-check”]
[/info_list_item][/info_list]

siapkan strategi

Siapkan Strategi Promosi

Promosi dan Diskon bisa sangat beragam penawarannya, cermati pola konsumen anda maupun pasar berbelanja. Dari analisa tersebut anda dapat menentukan strategi promosi jitu untuk online shop anda, yang dapat meningkatkan omset penjualan anda.

Beberapa Promosi dan Diskon yang dipakai umumnya adalah :

      • Beli satu dapat dua, Beli dua gratis satu,dll

 

 

    • Diskon khusus untuk mereka yang mengenalkan online shop anda kepada teman/rekanan.

 

 

    • Diskon khusus untuk barang tertentu  dan banyak lagi lainnya.

 

   

sebar undangan

Sebar Undangan terlebih dahulu

Sebelum anda memulai strategi promosi di atas, anda dapat menyebar undangan terlebih dahulu, khususnya kepada mereka yang biasa berlangganan di online shop anda.

Undangan yang datang lebih awal ini bertujuan untuk meningkatkan level penasaran konsumen anda. Semakin bagus anda meningkatkan level penasaran konsumen anda, semakin sukses strategi promosi/diskon anda nantinya.

Yang perlu diperhatikan bahwa jangan biarkan konsumen anda penasaran dalam jangka waktu yang lama,karena hal ini akan membuat mereka beralih dan menggunakan budget mereka untuk berbelanja di tempat lain.

Stock aman

Pastikan stock aman

Dengan adanya promosi atau diskon yang anda luncurkan, tentunya hal ini dapat mengakibatkan stock barang anda cepat habis (bila promosi/diskon anda sukses menarik banyak konsumen). Pastikan kapasitas stock anda dalam posisi aman, sehingga anda dapat melayani lebih banyak konsumen yang ingin berbelanja di online shop anda.

perluas area dan budget

Perluas area dan budget marketing (pemasaran)

Saatnya perang, perluas area dan perbesar budget untuk marketing anda.

Ya,anda bukanlah satu satu nya orang yang melakukan promosi pada saat musim liburan. Banyak bisnis dan online shop lainnya yang melakukan hal yang sama.

Perluas area promosi ke tempat tempat yang mungkin tidak anda jangkau sebelumnya dan perbesar juga budget marketing anda.

Anda dapat mengalokasi kan budget marketing anda ke tempat  tempat berikut :
[info_list style=”circle with_bg” font_size_icon=”14″ connector_animation=”fadeInUp”][info_list_item list_title=”Iklan facebook ads ” list_icon=”Defaults-check”]Facebook sebagai salah satu sosial media dengan komunitas terbesar di indonesia dan dunia masih merupakan platform yang berpotensial untuk menjaring konsumen anda.  Target kan iklan facebook ads anda ke lokasi yang populer dengan bisnis anda hingga ke lokasi – lokasi sekitarnya[/info_list_item][info_list_item list_title=”2. Iklan Google adwords ” list_icon=”Defaults-check”]Jutaan orang menggunakan mesin pencari google dan jutaan website menggunakan google adsense di laman website mereka, jangan lewatkan kesempatan menemukan konsumen loyal anda melalui platform Google adwords.  Analisa kata kunci dan pasang iklan anda![/info_list_item][info_list_item list_title=”Iklan Instagram ads” list_icon=”Defaults-check”]Instagram ads yang baru saja diluncurkan secara international dapat anda manfaatkan untuk menambah komunitas dan juga konsumen anda. Kuatkan pula Branding Image usaha anda dengan platform ini.[/info_list_item][info_list_item list_title=”Gunakan jasa endorsement yang berpengaruh dan berhubungan dengan bisnis anda di Instagram.” list_icon=”Defaults-check”]Banyak Instagram Artis yang menawarkan jasa endorsement, pilih salah satu dari mereka yang berpengaruh dan mempunyai banyak follower yang sesuai dengan kriteria konsumen ideal anda dan jaring konsumen loyal anda dari situ.[/info_list_item][/info_list]

Untitled-1   Aga, Blog contributor

[wpcb id=”4″].

Kalo suka,share artikel ini ke teman-teman Ya,Terima Kasih:
Komen dengan Facebook kamu
Baca Juga  My WiFi, My Marketing Tools