Siapkan Permen-nya Dulu

DAY 1

TOPIC

Siapkan Permen-nya dulu

Selamat bergabung di kelas hari pertama : 10 Hari Memulai Email Marketing  

Email marketing adalah salah satu bentuk digital marketing yang paling tua dan masih hasil hingga saat ini.

bila anda pernah mem-praktekkan email marketing di masa lampau tapi tidak/belum hasil. mungkin itu karena anda salah melakukannya.

Apakah anda belum pernah mem-praktekkan email marketing? kenapa tidak? konversi penjualan nya tinggi lho dari email marketing, plus siapa hari ini yang gak pakai email? iya kan? penasaran?

Semoga kelas 10 Hari Memulai Email Marketing ini bisa membantu anda sukses mendapatkan lead database email yang berkualitas dan sukses melaksanakan kampanye email marketing yang lebih membawa hasil.

pertanyaan pertama yang saya ajukan bila seorang klien ingin berkonsultasi mengenai email marketing adalah:

Apakah mereka sudah mengumpulkan data email pelanggan mereka?

data email pelanggan mereka ini bisa menjadi aset yang bagus dan bila dijadikan sumber dari kampanye email marketing, bisa membuah kan hasil yang bagus.

kenapa? ya karena orang – orang ini telah mencoba produk mereka sebelumnya. bila mereka puas, tentu-nya mereka juga dengan senang hati mencoba produk mereka yang lainnya, bila sesuai di hati mereka.

[ultimate_heading main_heading=”Siapkan Permennya dulu” spacer=”line_only” spacer_position=”middle” line_height=”1″]Day 1-4[/ultimate_heading]

Oke, kembali kepada permen. Buat yang masih bingung ini permen apa? sabar ya, baca terus.

Kita tidak membutuhkan permen, Bila kita mengumpulkan alamat email pelanggan/customer kita. Kita tinggal minta kesediaan mereka mencantumkan alamat email di invoice order mereka.

Namun lain hal-nya bila kita ingin memancing lead baru / customer baru. Yang saya maksud adalah orang orang yang tertarik dengan brand/produk kita (stalker). Bila kita ingin memancing lead / customer baru, kita memerlukan permen-nya. Yang manis – manis, yang membuat mereka tertarik dan memberikan alamat email mereka, barter dengan permen manis yang kita berikan.

Mungkin banyak dari kalian yang sudah tahu ya apa yang saya maksud dengan Permen bukan-lah permen manis sesungguhnya yang di jilat jilat, ya tetapi permen yang saya maksud disini adalah sesuatu yang menarik yang bisa kita tawarkan kepada para lead baru/calon customer baru kita

Permen manis yang kita tawarkan bisa berupa ebook gratis, arikel tips dan trick, giveaway product,dll. Yang paling penting permen tersebut bisa menunjukkan keunggulan brand/produk kita bila dibandingkan dengan competitor atau bisa memberikan manfaat bagi para lead baru/calon customer kita yang baru

Baca Juga  DIY: membuat foto produk menjadi HD

Tentu-nya kita membangun bisnis tidak hanya berdasarkan klien yang sudah ada saja, tentunya kita harus terus mencari lead baru / calon customer baru, bila kita ingin bisnis kita terus berkembang.

[ultimate_heading main_heading=”Seberapa Penting kah Permen ini?” main_heading_color=”#1dc4c4″ heading_tag=”h4″ alignment=”left” spacer=”line_only” spacer_position=”middle” line_height=”1″ main_heading_font_family=”font_family:Aclonica|font_call:Aclonica”][/ultimate_heading]

Kalo menurut saya Permen ini penting banget, semakin dahsyat permen-nya, semakin bagus dampaknya, dan semakin banyak lead baru yang terjaring. Namun tetap harus dibarengi promosi ya.

Anda bisa mencoba menjaring lead baru / calon customer baru tanpa permen dan dengan permen, rasakan sendiri beda-nya

[ultimate_heading main_heading=”Contoh – contoh Permen” main_heading_color=”#1dc4c4″ heading_tag=”h4″ alignment=”left” spacer=”line_only” spacer_position=”middle” line_height=”1″ main_heading_font_family=”font_family:Aclonica|font_call:Aclonica”][/ultimate_heading]

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya bahwa Permen manis yang kita tawarkan bisa berupa ebook gratis, artikel tips dan trick, giveaway product,dll. Yang paling penting permen tersebut bisa menunjukkan keunggulan brand/produk kita bila dibandingkan dengan competitor atau bisa memberikan manfaat bagi para lead baru/calon customer kita yang baru.

Berikut contoh – contoh permen yang mungkin bisa anda tiru, untuk bisnis anda.

Untuk E-commerce store

untuk ecommerce atau online shop yang menjual berbagai macam produk, anda bisa membuat katalog yang berisi produk – produk anda yang dipakai oleh model

cth 2

cth 3

cth 1

atau untuk online shop yang menjual satu macam produk saja, anda bisa membuat katalog berisi produk anda, bisa dipakai oleh model, bisa juga tidak. bisa anda kemas dalam bentuk e-book

cth 4

cth 5

cth 6

atau mau dibuat lebih menarik, anda bisa mengadakan give away produk secara berkala, misal nya setiap 2 minggu sekali atau sebulan sekali.

Untuk cafe/restoran/gerai produk retail

anda bisa mengadakan program member atau poin. dengan memberikan benefit kepada para anggota member atau kepada mereka yang sudah mengumpulkan poin

Untuk produk massal

misalnya seperti makanan ringan/snack/jus/dll. anda bisa membuat kombinasi menu atau variasi menu yang menggunakan produk anda. seperti yang sering kita jumpai di belakang kemasan margarine

cth 7

[ultimate_heading main_heading=”Siapkan wadah-nya” main_heading_color=”#1dc4c4″ heading_tag=”h4″ alignment=”left” spacer=”line_only” spacer_position=”middle” line_height=”1″ main_heading_font_family=”font_family:Aclonica|font_call:Aclonica”][/ultimate_heading]

Mempunyai permen manis untuk ditawarkan, tentu anda juga memerlukan wadah-nya.

Baca Juga  5 Hal pertama yang mestinya anda lakukan ketika sudah mempunyai website

wadah ini juga sebagai penjaring database email dari lead/calon customer anda. biasa disebut juga sebagai Landing Page. saya biasa-nya menggunakan website, tapi ada opsi lainnya juga, seperti berikut:

Website

halaman website merupakan Landing page yang umum dipakai banyak orang, karena isi nya yang bisa kita desain sedemikian rupa untuk menarik perhatian para lead / calon customer kita yang baru.

di dalam halaman website sendiri, kita bisa menggunakan gambar maupun video untuk menarik perhatian.

Beraneka ragam jalan untuk membuat website, anda bisa memakai template dari website gratisan seperti blogspot atau wordpress, atau menyerahkan-nya kepada jasa website professional seperti Langit23

selain sebagai landing page atau wadah dari Permen anda, anda juga bisa memanfaatkan website anda untuk keperluan marketing lainnya.

contoh landing page

contoh landing page website

Facebook Lead ads form

Buat anda yang menggunakan Facebook dan Instagram ads, anda bisa memakai Facebook lead ads form.

Dengan Lead ads form anda bisa membuat form penjaring database email (optin form) dan mempromosikannya sekaligus lewat Facebook dan Instagram ads.

facebook lead ads

contoh Facebook Lead Ads Form

Kaskus

anda bisa membuat trid di Kaskus dan menggunakan online form seperti google form atau microsoft form.

Muztre Landing page

Anda bisa membuat Landing Page di Muztre-Most utilized for Promotional Purposes. Muztre juga menyediakan fasilitas email marketing campaign dan pembuatan optin form. Muztre juga sangat murah, hanya semurah Rp.19 per email terkirim. Anda juga bisa menggunakan nama domain khusus untuk anda.

Bila anda membuat website di Langit23, anda dapat dengan mudah mengintegrasikannya dengan Muztre, cek pilihan paket email marketing dari Muztre disini

PR

Gunakan 4 hari ke depan untuk menyiapkan Permen beserata wadah-nya. Semoga banyak yang suka dengan permen anda.

Platform Email Marketing untuk kebutuhan bisnis anda!

Email Marketing Campaign, Categorization, Optin Form, Conversion Pop Out and more. Coba Muztre mail GRATIS selama 30 Hari!

 Aga,Former CEO of OmahPohon ecommerce sites, owner of Langit23 Digital Marketing Agency. eager at social media analytic and its application to bussiness and brands,advertisement addict,and Internet marketer,plus digital design enthusiast.

Kalo suka,share artikel ini ke teman-teman Ya,Terima Kasih:
Komen dengan Facebook kamu