Ini dia jalan cuan-nya konten kreator, kamu ada di mana?

Kalo kamu juga konten kreator, maka jalan cuan ini bisa kamu tiru untuk produk kamu. Ya kalau kamu konten kreator dan mau cuan lewat jalan ini maka kamu harus punya produk untuk dijual.

nah bagaimana mau dapat cuan alias untung alias rupiah atau versi to the point nya aja “Uang”, kalau kamu tidak punya produk untuk dijual. Nah artinya kita Harus punya produk untuk dijual terlebih dahulu baru kita bisa terapkan jalan cuan berikut ini.

Jangan bingung jalan cuan yang saya maksud disini adalah sales funnel atau marketing funnel atau bahasa indo nya terowongan penjualan.

Table of contents

  1. Terowongan Penjualan
  2. TOFU
  3. MOFU
  4. BOFU
Terowongan penjualan

Apaan itu terowongan penjualan?

Ini adalah tahapan yang perlu dilalui oleh target market / calon customer kamu sebelum mereka memutuskan untuk membeli poduk kamu.

Baik langsung saja saya kasih contohnya

Di artikel kali ini saya akan memberikan contoh untuk sales funnel untuk konten kreator. Mungkin contoh dari sales funnel ini bisa di jadikan contoh untuk kalian para konten kreator – konten kreator yang ingin menjual produk digital.

Produk digital yang dimaksud itu seperti apa?

ya produk digital seperti kelas (course) dan mungkin ebook

image host
TOFU - Top Of Funnel

Baik tahapan pertama yang akan kita bahas adalah TOFU ya. TOFU adalah singkatan dari TOP of FUNNEL , funnel teratas. Tahapan awal dari perjalanan yang perlu dilalui oleh calon customer/target market kamu sebelum mereka membeli produk kamu.

Kita mengumpulkan top of funnel kita memakai konten di Instagram. Konten –  konten yang kita buat ditujukan untuk menjaring orang orang yang ke depannya akan menyukai & berminat dengan kelas digital kita. Konten nya harus dipersiapkan seperti itu. nah dari konten konten yang kita buat di Instagram kita tujukan untuk target market kita dan kita persiapkan untuk menjual kelas digital kita.

Baca Juga  Pentingnya Revisi Iklan Facebook dan Instagram ads anda

Dari konten konten ini kita bisa tawarkan mereka akses menuju free course. akses menuju kelas gratis, dari sini kita masuk tahapan MOFU (Middle of Funnel).

MOFU - Middle Of Funnel

Orang orang yang masuk ke dalam free course ini kita golongkan dalam MOFU ya.

Dari orang yang kita jaring melalui konten kita di Instagram, akan terkumpulkan orang orang yang menyukai dan berminat dengan konten konten kita. yang akan kita tawarkan nantinya untuk memasuki kelas gratis

Nah ini namanya kita sudah mengumpulkan orang orang yang masuk dalam tahapan MOFU (middle of funnel).

kalo sudah terkumpul orang nya bagaimana?

kalo sudah terkumpul orang orang di dalam MOFU, maka kita melakukan funnel berikutnya yaitu BOFU

BOFU - Bottom Of Funnel

Orang orang yang sudah masuk ke dalam free course kita kita ajak untuk memasuki small group yang sudah kita bikin untuk berdiskusi tentang isi dari materi free course yang sudah diberikan.

small group nya bisa dalam bentuk grup WA, Grup telegram, atau bisa juga dlm bentuk pemberian email marketing secara berkala.

Tujuannya apa, tujuannya untuk menjaga hubungan baik, relasi kita, yang punya kelas, si mentor, dengan para target target market kita.

Target market kita yang pada saat ini sudah ada dalam tahapan BOFU.

Orang orang yang masuk small group pastinya yang sudah tertarik dengan kelas kita, karena setidaknya mereka memasuki kelas gratis yang kita tawarkan.

jika kita mengelola konten nya dengan benar, dan mengelola materi kelasnya dengan baik, kita bisa mengajak mereka, kita bisa mengiming imingi mereka dengan promosi dan sejenisnya untuk memasuki kelas berbayar.

Baca Juga  Langkah awal sukses jualan di Instagram

Kelas berbayar yang telah kita buat.

Baik itu kira kira sales funnel sederhana untuk para konten kreator yang mau menjual produk digitalnya.

Terowongan penjualan alias sals funnel ini juga berguna untuk mereka yang mau menjual ebook atau konsultasi berbayar.

Satu hal yang perlu diketahui juga bahwa tahapan tahapan di dalam sales funnel ini bisa kita dorong agar jumlah orang yang kita jaring bisa semakin banyak dengan menggunakan iklan.

tentunya dengan optimasi yang betul kita bisa menjaring orang lebih banyak tapi tentunya tetap sesuai dengan kriteria target market yang sudah kita tentukan sebelumnya.

Bahasan yang sudah kita bahas di atas adalah contoh sales funnel sederhana untuk konten kreator yang menggunakan optimasi organik.

Kita bisa juga membuat sales funnel dengan menggunakan kombinasi dari optimasi organik dan iklan berbayar (ads) atau kita bisa juga membuat sales funnel dengan menggunakan optimasi full ngiklan (ads).

ke depannya saya akan membahas sales funnel yang mengkombinasikan optimasi organik dan iklan berbayar (ads) dan optimasi full ngiklan (ads).

Subcribe dulu biar gak ketinggalan bang!!

Aga,

The idea behind Langit 23 Digital Marketing Agency, eager at social media analytic and its application to business and brands, advertisement addict and also a Digital creative director.

All of the Brand names appear on this page are belong to their respective owners.

Langit23 does not claim any right over them!

Kalo suka,share artikel ini ke teman-teman Ya,Terima Kasih:
Komen dengan Facebook kamu