Langkah awal sukses jualan di Instagram

Buat anda yang mempergunakan Instagram untuk bisnis atau untuk membangun brand tapi masih ragu harus memulai dari mana atau anda sudah lama memakai Instagram sebagai akun dari bisnis anda tapi akun anda masih kurang interaksi dan belum maksimal mendapatkan buyer (pembeli) dari Instagram dan bahkan kurang dikenal oleh pembeli offline anda. Mungkin saja anda melewatkan hal yang satu ini.

Langkah awal anda untuk sukses membangun bisnis / brand anda di Instagram bukan lah jumlah followers,  bukan lah jumlah komen yang ada di postingan anda, bukan lah jumlah giveaway yang anda bagikan.

Jika anda menjumpai sebuah post yang anda sukai di home feed (timeline) akun Instagram anda, apa yang anda lakukan? kepoin akun nya? tap di PP nya atau nama akun nya, kemudian mengunjungi halaman profil nya. Betul gak?

Kemudian jika halaman profil yang anda lihat cukup menarik, maka anda akan mulai melihat beberapa postingan lain disitu, memberikan like atau komen, jika anda orang yang suka melakukan follow, anda juga akan mulai mem-follow akun tersebut.

Jadi apa dong yang penting kalo dari analogi cerita di atas?

Iya halaman profil dari akun Instagram bisnis/brand kita.

Langkah awal anda untuk sukses membangun bisnis / brand anda di Instagram adalah halaman profil akun Instagram dari bisnis/brand anda.

image host

contoh halaman profil akun Instagram

Yang disebut Instagram profile adalah halaman akun Instagram bisnis/brand kita, yang dilihat orang kalo mereka tap @namaakunIGkita.

yang akan saya bahas Hari ini adalah mengenai Tips tips, panduan lengkap, bagaimana cara nya membuat Instagram profile yang bagus untuk akun bisnis/brand.

Bagus dalam artian memaksimalkan setiap potensi dari halaman Instagram profile kita untuk tujuan marketing.

Halaman Instagram profile kita berdasarkan urutan nya, terdiri dari:
  1. Instagram Username
  2. Profile Picture
  3. Instagram name
  4. Category bisnis kita
  5. Instagram bio
  6. Website link
  7. Alamat
  8. Highlight story
  9. Deretan post kita

yuk! dibahas satu per satu bagaimana cara nya memaksimalkan 9 poin di atas.

Memanfaatkan Instagram username dan Instagram name dengan tepat

Kalo kita tap di bagian edit profile, Instagram username ada di baris kedua bagian edit profile Instagram kita. Apa yang kamu tulis di bagian username akan terlihat dibagian paling atas di halaman profile, sebelum Profile picture.

Sudah jelas biasanya IG username ini diisi dengan nama bisnis/brand kamu.

[ult_animation_block animation=”shake” animation_duration=”3″ animation_delay=”0″ animation_iteration_count=”1″]

image host

[/ult_animation_block]

Instagram name ada di baris pertama bagian edit profile Instagram kita. Apa yang kamu tulis dibagian Instagram name akan terlihat di bawah profile picture halaman profile Instagram kita.

Kalo Instagram username kita tidak perlu diutak utik deh, Pokok nya tulis dengan nama brand kita, beres, tidak perlu diatur atur lagi.

Tapi kalo Instagram name kita, bisa kita optimalin dengan menulis produk/service andalan kita atau value (nilai Nilai) yang bisa kita tawarkan kepada warga Instagram raya.

Misalkan Langit23 adalah sebuah digital marketing agency yang mendedikasikan halaman Instagram bisnis nya untuk  konten – konten seputar Instagram marketing dan sosmed marketing, maka kami secara berkala mengganti – Ganti Instagram name kami seputar Instagram tips /   Instagram marketing / social media tips.

kenapa? Ngapain Instagram name kok diganti ganti? Apa nanti kalo orang cari bisnis/brand kita gak bingung? Masih bisa ketemu?

Masih bisa dong, orang orang masih bisa menemukan bisnis/brand kita karena kita menulis Instagram username kita dengan nama brand kita, tidak diganti – ganti.

Instagram name bisa kita ganti – ganti dengan tujuan mengoptimalkan halaman hasil pencarian di Instagram.(Instagram SEO)

 

Contoh Kasus:

Si anto ingin mengembangkan akun bisnis nya di Instagram dan dia mulai mencari cari tips instagram marketing di Instagram, Jika si anto tidak punya gambaran harus mulai mencari cari tips Instagram marketing di mana, maka si Anto akan menuju  ke kolom pencarian di Instagram (Instagram search) dan mulai mengetik tips Instagram marketing, dari situ Instagram akan memunculkan beberapa akun dan hashtag yang berkaitan dengan hasil pencarian Anto.

Yang jelas yang dimunculkan oleh Instagram adalah akun akun yang menuliskan Tips Instagram marketing di bagian Instagram name mereka !!

 

Nah, inilah gunanya kita menuliskan Instagram name kita dengan produk/service andalan kita atau value (nilai Nilai) yang bisa kita tawarkan kepada warga Instagram raya.

Agar mereka bisa menemukan akun kita, ketika mereka mulai mencari cari di halaman pencarian Instagram.

Sebelum tahun 2020, hanya Instagram name kita lah yang muncul di halaman hasil pencarian (Instagram search) namun sejak 2020 orang orang warga Instagram bisa menemukan akun kita melalui apa yang kita tulis di Instagram name dan Instagram username kita.

[porto_block id=”7843″ name=”30-hsjdi-block”]
Profile picture Instagram adalah identitas dari brand kita

Upload gambar yang menunjukkan bisnis/brand kita, biasa nya kita upload logo ya disini. Jika  bisnis/brand anda ada di beberapa sosmed seperti ada di Facebook atau Youtube juga, jangan lupa untuk menyamakan profile picture dari semua sosmed bisnis/brand kita.

Jangan sampai orang yang menemukan anda di Instagram dan ingin melihat Facebook page anda menemukan bisnis/brand anda dengan profile picture yang berbeda – beda, mereka bisa ragu bahwa itu adalah anda.

Pakai Instagram business category untuk menjelaskan dimana industri bisnis/brand anda berada

Instagram username untuk menulis nama brand kita, Instagram name untuk mengoptimalkan halaman hasil pencarian (Instagram search) , terkadang kita perlu Instagram business category untuk menjelaskan bisnis/brand kita.

Contoh Langit23 yang memakai category advertising agency atau social media agency agar orang bisa melihat lebih jelas akan apa yang dilakukan oleh Langit23.

Contoh lain Bisnis AB clothing yang menjual produk baju, akun Instagram nya berisi tips tips seputar fashion, category bisa memperjelas kalo AB clothing juga menjual baju. Category yang dipakai bisa clothing (brand) / clothing shop / clothing company atau yang lainnya

Untuk Instagram business category kita tidak bisa menulis sembarangan yah, sudah ada kategori – kategori nya sendiri yang Sudah ditentukan oleh Instagram, kita tinggal pilih. Pilih yang sesuai untuk bisnis/brand kamu agar orang bisa tahu jelas apa sih sebetulnya industri dari bisnis/brand kamu.

Instagram business category kita akan muncul di bawah Instagram name kita.

Dua hal penting yang perlu ada di Instagram bio kita!

Instagram bio adalah gerbang utama terjadi nya penjualan di bisnis/brand kita! Kok bisa ya?

Begini cerita nya!

Bisnis / brand membuat postingan di Instagram yang bertujuan untuk mempromosikan bisnis/brand mereka dan Postingan postingan ini dapat ditemukan oleh target market kita di home feed (timeline) dari follower – follower kita, halaman explore, halaman pencarian Instagram, halaman pencarian hashtag.

Dari halaman – halaman tempat post kita di temukan oleh target market kita ini lah mereka bisa memutuskan Apakah mereka ingin mengecek akun Instagram bisnis/brand kita atau tidak? Jika mereka ingin mengecek akun Instagram bisnis/brand kita, maka mereka akan mengunjungi akun Instagram bisnis/brand kita (profile visit).

Jika mereka sudah mengunjungi akun Instagram bisnis/brand kita (profile visit), maka hal pertama yang mereka lihat adalah?

Yang pertama mereka lihat adalah Instagram username, Instagram name, juga Instagram bio kita lah yang pertama mereka lihat ketika profile visit terjadi, dan Instagram bio yang area nya paling lebar, dari Instagram bio kita, target market kita bisa mengambil keputusan apakah mereka akan follow atau klik link yang ada di bio.

sehingga bisa dikatakan Instagram bio kita adalah gerbang utama terjadi nya penjualan di bisnis / brand kita.

Saya menganalisa jalan yang paling bagus untuk menulis Instagram bio dan saya menemukan hasil sbb:

Value dan CTA (call to action) adalah dua Hal penting yang perlu ada di Instagram bio kita.

Value adalah nilai nilai / hal hal yang bisa  kita berikan kepada calon customer kita sedangkan CTA adalah Call To Action, yaitu kalimat ajakan untuk meng-klik link yang ada di Instagram bio kita. value bisa diganti dengan achievement, yaitu prestasi prestasi yang telah dicapai oleh bisnis kita.

Contoh value dan CTA yang ada di Instagram bio @webyangbaik adalah sbb:

Value = mempertemukan anda dengan calon customer anda

CTA = klik

Temukan value dari bisnis/ brand anda yang bisa anda tawarkan kepada target market anda, kemudian cari CTA yang bisa merayu orang untuk mengklik link Instagram bio anda.

Website link ke mana yang paling menguntungkan buat bisnis/brand kita?

Banyak bisnis/brand yang meletakkan link menuju whatsapp di bagian website link Instagram bio.

Meletakkan link menuju whatsapp di bagian link Instagram bio mempunyai keuntungan dan kerugian nya sendiri menurut saya. Yuk, kita bahas kedua – dua nya, keuntungan dan kerugian nya.

Keuntungan nya:

Jelas, Orang – orang yang ingin menghubungi bisnis anda dapat dengan mudah menemukan nomor yang bisa dihubungi.

Kerugian nya:

Sebagai pemilik bisnis/brand kita kehilangan kesempatan untuk merayu calon pembeli kita lebih jauh.

Kok di rayu? Pembeli kan gak butuh rayuan! Pembeli kan butuh nya produk kita?!

Begini penjelasan-nya

Link di bio menuju WhatsApp bakal efektif bila yang menemukan adalah hot audience anda, yaitu orang – orang yang sudah mengenal dekat dengan bisnis/brand anda dan Siap melakukan pembelian.

Namun bagaimana dengan cold audience anda (orang-orang yang baru saja menemukan akun bisnis anda di Instagram)?

Apa yang akan dilakukan Orang orang ini Jika disuguhi link whatsapp anda?

Close kan pasti nya. Ini Karena mereka belum siap melakukan pembelian.

Disini lah maksud saya dimana kita kehilangan kesempatan untuk merayu calon pembeli kita lebih jauh.

[ult_animation_block animation=”shake” animation_duration=”3″ animation_delay=”0″ animation_iteration_count=”3″]

image host

[/ult_animation_block]

Bandingkan bila anda meletakkan link menuju landing page / website anda di Instagram bio link. Anda bisa merayu cold audience anda lebih lanjut melalui landing page / website anda.

Tidak hanya itu, ada beberapa keuntungan lainnya yang bisa anda dapatkan bila meletakkan link menuju landing page / website anda adalah:

  • Orang – orang yang datang ke landing page / website anda melalui link yang anda berikan di Instagram bio link anda akan bisa anda follow up menggunakan Iklan Facebook Instagram sponsored ads. Ini adalah salah satu taktik ampuh menggunakan Facebook Instagram ads untuk menciptakan yang nama nya “Brand Recognition”. Orang orang yang sudah pernah datang ke landing page / website anda, akan menemui iklan dari brand anda di Facebook dan Instagram.
  • Keuntungan lainnya dari membawa orang untuk datang ke landing page / website anda adalah anda mempunyai kesempatan untuk menyuguhi daftar produk anda secara lengkap. Landing page / website anda dapat berisi daftar dari produk produk unggulan anda bahkan produk lengkap yang anda jual.
  • Keuntungan lainnya dari membawa orang untuk datang ke landing page / website anda adalah anda mempunyai kesempatan untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan mereka tentang brand anda, bahkan sebelum mereka bertanya. Setiap bisnis pastinya ada pertanyaan – pertanyaan yang sering diajukan. Pertanyaan – pertanyaan ini, jika dijawab dengan tepat, seringkali berujung kepada penjualan. Masalahnya tidak setiap orang (individu) mau bertanya, dengan membawa orang untuk datang ke landing page / website anda, anda bersikap pro aktif, menjawab pertanyaan – pertanyaan yang ada di kepala mereka sebelum mereka bertanya.
[porto_block id=”7843″ name=”30-hsjdi-block”]
Menulis alamat dari lokasi bisnis kita harusnya kompak

Alamat adalah salah satu dari tiga element yang diindeks di mesin pencarian Instagram. Artinya adalah jika ada seseorang yang mencari sesuatu di halaman pencarian Instagram, maka salah satu yang akan muncul adalah alamat dari lokasi bisnis kita ini. Lain-nya yang diindeks oleh mesin pencari Instagram adalah Instagram name dan bio serta hashtag (akan saya bahas di artikel yang berbeda)

Bagaimana caranya mengoptimal-kan lokasi bisnis kita untuk halaman hasil pencarian di Instagram?

Jika anda memiliki bisnis yang mempunyai lokasi offline dan mengharuskan customer untuk mengunjungi lokasi bisnis anda, seperti cafe, restauran,dll. Maka penting jika pengunjung anda menuliskan alamat yang sama di Instagram. Karena terkadang Karena ketidak jelas an alamat, satu bisnis yang sama terindeks dengan dua alamat yang berbeda, bahkan lebih. Hal ini bisa membuat bingung calon customer anda yang ingin mengunjungi lokasi bisnis anda.

Jika lokasi bisnis anda belum di indeks di halaman hasil pencarian Instagram, anda bisa meminta bantuan dari salah satu customer bisnis anda untuk mensertakan lokasi bisnis anda Sambil membuat postingan di Facebook atau Instagram. Hanya customer anda lah yang bisa membuat lokasi bisnis anda ter-indeks dan tampil di halaman hasil pencarian Google.

7 tips menggunakan story highlights (sorotan) untuk pemilik bisnis/brand

Selain Instagram bio, story highlights (sorotan) adalah kesempatan kita sebagai pemilik bisnis/brand untuk merayu orang orang yang mengunjungi halaman profil dari akun Instagram kita.

Merayu untuk membeli produk, merayu untuk cek website, dll.

Berikut adalah 7 tips menggunakan story highlights untuk para pemiliki bisnis/brand:

Pamer produk

Story highlights memang kesempatan yang bagus buat kita untuk memamerkan produk kita, tapi saran saya dibuat satu slot saja cukup, karena jika terlalu banyak slot dan isinya produk semua, orang juga bakal bosan.

Kumpulkan saja semua dalam satu slot atau setidaknya manfaatkan story highlights sebagai kategori – kategori dari produk kita.

Contoh akun @eigeradventure yang memajang story highlights dari kategori -kategori produk yang mereka jual (lihat postingan Instagram di bawah)

 

UPDATE terbaru dari bisnis/brand kamu

Tunjukkan kalau bisnis kita eksis dengan berita (update) terbaru dari bisnis/brand kita. Bisa dengan sekedar memajang foto suasana lokasi bisnis kita atau cerita santai seputar customer.

 

Berinteraksi dengan audience kamu (polling dan QnA)

Bisa dengan mengadakan polling atau memajang QnA (Pertanyaan – pertanyaan yang sering diajukan customer kita) Seperti akun @matahari yang memajang quiz di story highlights akun mereka. (lihat postingan Instagram di bawah)

Tutorial produk

kita bisa juga kasih info mengenai tutorial penggunaan produk di story highlights (sorotan).

 

Pajang testimonial

salah satu yang wajib kita pajang (pasang) di story highlights kita, sudah banyak yang praktekin ini.

 

Pajang Promo Diskon

kalau sedang ada promo diskon di tempat kita, bisa kita pajang juga disini.

 

Promosi Event

Jika kita sedang mengadakan event, pasang pengumuman disini juga oke, biar audience Instagram kita pada tau.

seperti yang sudah di praktekin oleh akun @bliblidotcom (lihat postingan Instagram)

Deretan post foto produk vs konten, mana yang lebih baik?

Jangan sampai kamu memakai username AAsneakers tapi di bio tertulis supplier baju import korea atau username AAsneakers tapi isi nya foto pribadi dengan teman teman atau keluarga.

Deretan post memang bukan termasuk Instagram bio tapi berhubungan. User name, Instagram name, deretan bio, story highlights (sorotan), kemudian yang terakhir adalah deretan post kita, semuanya harus selaras, harus sesuai.

Ada akun bisnis yang memajang post foto produk semua dan ada juga yang memajang post konten, yang Saya maksud dengan post konten disini adalah seperti foto mengenai aktivitas bisnis, tips tips, tutorial,dll. Mana sih yang lebih baik sebetulnya?

Itu tergantung tujuan dari akun nya sendiri, maksudnya jika akun yang dibangun bertujuan untuk mencari interaksi, membangun brand dan fanbase (followers), maka jelas post konten lah yang harus diutamakan.

Membuat akun bisnis di Instagram ya jelas untuk membangun brand dan fanbase (followers) lah, untuk apa lagi?

well, belum tentu. ada juga akun akun bisnis yang hanya untuk memajang foto produk saja, mungkin dengan model. Karena mereka mengumpulkan interaksi, membangun brand dan fanbase (followers) mereka melalui jalan lain, seperti paid ads (Facebook, Instagram, Google), membayar influencer, event – event yang mereka adakan.

Tapi jika tujuan akun nya hanya untuk memajang produk, maka post foto produk saja ya boleh boleh saja.

Akan saya bahas lebih dalam mengenai hal ini didalam Chapter 4 dalam kursus Belajar Instagram Marketing

[porto_block id=”7843″ name=”30-hsjdi-block”]

Jadi kesimpulannya mengoptimalkan halaman Instagram profil bisnis kamu terdiri dari mengoptimalkan Instagram name dan username, profile picture dan Instagram business category penting untuk identitas dari brand kamu, perhatikan value dan CTA, dua hal yang perlu ada di Instagram bio kamu, pilih website link yang paling menguntungkan buat kita, menulis alamat dari lokasi bisnis harusnya kompak, 7 tips yang bisa kita pakai untuk mengisi Instagram story highlights (sorotan) dan memilih jenis post antara foto produk atau post konten.

[ultimate_spacer height=”45″]

 Aga, Owner of Langit23 Digital Marketing Agency and Rempong.in landing page builder. eager at social media analytic and its application to bussiness and brands, advertisement addict, Internet marketer, plus digital design and video editing enthusiast.

Kalo suka,share artikel ini ke teman-teman Ya,Terima Kasih:
Komen dengan Facebook kamu